Just select text on the page and get instant translation from Google Translate!

Download Free Translator

Eye Eye

Jumat, 02 September 2011

Tafsir QS At-Taubah

Surat At Taubah dalam mushaf terdapat pada surat nomor 9 yang terdiri dari 129 ayat, termasuk dalam golongan surat-surat Madaniyah. Surat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad SAW kembali dari peperangan Tabuk yang terjadi pada than 9 H. Termasuk salah satu surat yang diturunkan di akhir-akhir karena Rasulullah meninggal pada tahun 10 H.



Diantara Nama-nama Surat ini adalah :

1. Surat ini dinamakan Surat At Taubah yang berarti pengampunan, Hal ini berkaitan dengan kata At Taubah yang berulang kali disebutkan dalam Surat ini.

2. Dinamakan juga sengan Surat Baraa’ah yang berarti berlepas diri. Disini dimaksudkan adalah pernyataan pemutusan hubungan, disebabkan kebanyakan pokok pembicaraannya tentang pernyataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum misyrikin.

3. Dinamakan juga surat Al Faadhihah yang berarati pelecehan dan pembongkatran kaena didalam surat ini banyak sekali disinggung dan disebutkan sifat-sifat orang-orang munafik sehingga seakan-akan dak lagi tersisa salah seorang dari mereka melainkan telah disebutkan di dalamnya.

Selain ketiga nama yang Masyhur diatas ada lagi beberapa nama yang lain yang merupakan sifat dari surat ini.



Mengapa tidak dituliskan Basmalah ?

Berlainan dengan surat-surat yang lain, maka pada pembukaan surat ini tidak terdapat Basmalah seperti halnya surat-surat yang lain. Hal ini disebabkan karena beberapa hal :

1. Surat ini adalah pernyataan perang, dalam arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi kaum musyrikin, sedangkan basmalah bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

2. Alasan lainnya adalah karena antara surat Al Anfal dan Surat At Taubah ada kemiripan dalam kisahnya dan Rasulullah SAW wafat tanpa menerangkan apakah keduanya satu surat ataukah berbeda, oleh sebab itulah sahabat Utsman bib Affan .ra menggandeng antara keduanya tanpa memisahnya dengan basmalah.



PENGUMUMAN TENTANG PEMBATALAN PERJANJIAN DAMAI DENGAN KAUM MUSYRIKIN.



Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.



1. (Ini Pernyataan) pemutusan hubungan dari Allah dan Rasulnya (yang dihadapkan) kepada orang-orang musyrikin yang kamu (kaum muslimin) telah mengadakan perjanjian (dengan mereka).
2. Maka berjalanlah kamu (kaum musyrikin) di muka bumi selama empat bulan dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan dapat melemahkan Allah dan sesungguhnya Allah menghinakan orang-orang kafir.



Sebelum turunnya ayat ini ada perjanjian damai (perjanjian Hudaibiyah : perjanjian genjatan senjata selama 10 tahun) antara Nabi Muhammad SAW dengan orang-orang musyrikin. Diantara isi perjanjian itu adalah tidak ada peperangan antara Nabi Muhammad dengan orang-orang musyrikin, dan bahwa kaum muslimin diperbolehkan berhaji ke mAkkah dan tawaf di Ka’bah. Allah SWT mrmbatalkan perjanjian itu dan mengizinkan kepada kaum muslimin mmerangi kembali. Maka turunlah ayat ini dan kaum musyrikin diberikan waktu empat bulan lamanya di tanah Arab untuk memperkuat diri. Setelah empat bulan tidak ada lagi perjanjian dan kesepakatan. Masa empat bulan dimulai pada hari nahar 10 Dzulhijjah sampai 10 Rabi’ul Akhir (tahun 9 H).



Masa empat bulan itu berlaku bagi mereka yang mempunyai perjanjian dalam batas waktu mutlak, tidak disebutkan batas waktunya atau yang mempunyai perjanjian selama empat bulan atau kurang. Adapun yang mempunyai perjanjian lebih dari empat bulan maka disempurnakan sampai batas waktunya apabila dikhawatirkan berkhianat dan tidak mulai pembatalannya.

Allah SWT memperingatkan mereka apabila terus dalam kesyirikan pasti dihinakan oleh Allah SWt. Dan hal ini menjadikan mereka tertarik untuk memeluk islam kecuali mereka yang membangkang dan tidak peduli dengan ancaman Allah SWT.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
*Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
*Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
*Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Diskusi